Saturday, May 24, 2014

(Backpacker Sukabumi) 30 Meter Dalam Perut Bumi - Goa Buniayu, Sukabumi

KOMPAS.com - Wisata pantai dan pegunungan sudah banyak kita kunjungi, mungkin kita mau wisata alternatif dengan tingkat kesulitan menantang. Menelusuri goa mungkin salah satu jawabannya. Dengan menjelajahi goa, Anda bisa menikmati banyak keindahan dan keanehan alam bawah tanah. Misalnya menikmati stalagtit dan bermacam macam hewan yang tak bermata dan keaneahan lainnya.

Goa Buniayu yang terdapat di Sukabumi, Jawa Barat sangat cocok untuk warga kota Jakarta karena jaraknya yang tidak terlalu jauh, hanya 3 sampai dengan 4 jam perjalanan dari pusat kota Jakarta menuju ke lokasi ini.

Goa Buniayu lebih dikenal sebagai Goa Cipicung karena lokasi goa ini berada di wilayah Cipicung. Beberapa penjelajah goa dan masyarakat sekitar lebih mengenalnya dengan sebutan Goa Siluman. Semenjak berada di bawah Pengelolaan Perum Perhutani nama goa tersebut berubah menjadi Wana Wisata Goa Buniayu.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Itinerary :
Sabtu, 8 Juni 2013
• 20.00 : Kumpul dan menginap di meeting point (Kantor JASINDO Sukabumi) depan Kantor Pos Sukabumi.

Minggu, 9 Juni 2013
• 04.00 : Berangkat menuju Buni Ayu
• 05.00 : Briefing oleh guide Buni Ayu
• 06.00 – 14.00 : Caving Goa Buni Ayu lanjut ke Curug Bibijilan sekalian bersih-bersih
• 14.00 : Kembali menuju Sukabumi

• Obat2n pribadi
• Uang cash secukupnya

Catatan:
  • Bawa headlamp yang waterproof klo bisa dan bisa menyala sekitar 4 jam, karena di dalam goa ga ada sama sekali cahaya yg bisa masuk..So pake headlamp akan sangat membantu
  • Bawa P3K minimal hansaplast dan betadine buat jaga2 klo terluka pas setelah caving goa vertikal
  • Pas lg fitting wearpak buat telusur goa vertikal mending milih yg agak gedean biar nyaman bergerak
  • Jangan takut kotor krn di dalem goa lo gak bakalan bisa bersih, nikmatin aja pas main lumpurnya

Minggu pada tanggal 09 Juni 2013, Berawal dari ide iseng untuk rencana jalan2, istirahat dari penat nya kota Jakarta. maka cari2 plan trip yg murah dan pas waktu nya. Bergabunglah dengan Trip dari Backpacker Sukabumi yaitu Caving di daerah sukabumi bernama "Goa Buniayu" (http://www.backpackerindonesia.com/trip/cari-teman-caving-buni-ayu-murmer). Persiapan sehari sebelumnya (sabtu malam) Berangkat menuju meeting point (Kantor JASINDO Sukabumi) sesuai Itinerary yang ada. Kami berangkat pada pukul 10 malam dengan mobil sebagai pilot mas yan dari brangkat sampai pulang *yg laen nya gak bs soal nya hihihi.

Dengan kedalaman 32 meter kami meuruni celah tersebut dan begitu sampai dasar kami sempat terkagum kagum dengan luasnya ruangan di dalam goa ini dan hanya tampak lubang kecil diatas tempat dimana kami tadi mulai masuk.
Tak lama kami mulai menelusuri perjalanan dalam goa ini, perjalanan di mulai dengan mengikuti alur sungai bawah tanah ini. perjalanan di dalam goa ini sangat beragam mulai dari yang mendaki, menurun bahkan medan lumpur dan kering pun ada disini dan tentu saja dengan pemandangan stalagtit dan stalagnit yang indah di sepanjang perjalanan.

Didalam goa ini kami juga sempat menjumpai beberapa kelelawar yang bergantungan di langit2 goa juga beberapa ikan dan serangga seperti jangkrik ada di dalam goa ini. Setelah 2 jam perjalanan kami memutuskan untuk beristirahat dan kami menanyakan kepada Iwan kira2 kita berada di kedalaman berapa ia pun menjawab “50 meter dibawah tanah” wow rupanya dalam juga tempat kami berada saat ini, namun suasana di dalam goa ini tidak panas.

etelah cukup beristirahat kami kembali melanjutkan perjalanan dan tibalah kami di medan lumpur hahaha cukup sulit kami melaluinya setelah itu dilanjutkan dengan jalan yang teramat terjal cukup sulit juga mendaki dengan kondisi goa yang licin dan berlumpur ini.
Tak lama setelah melalui medan ini kami tiba di pintu keluar goa dengan menyusuri susunan anak tangga yang berjajar, waktu menunjukkan pukul 12 siang dan begitu keluar kami segera menuju ke air terjun yang kurang lebih berjarak 1 Km untuk mandi, karena kami sudah cukup mandi lumpur sekarang saatnya mandi air bersih hahaha….